Cara Pilih Pendamping Rumah Tangga Yang Bagus Agar Terbebas Dari Beberapa Hal Yang Tidak Diharapkan

Apa Anda seorang wanita karier yang repot dengan tugas di luar rumah hingga tidak ada waktu untuk mengurus tugas di rumah? Atau bukan wanita karier, tapi masih tetap ingin cari pembantu atau pendamping rumah tangga untuk membantu entengkan tugas? saat sebelum tentukan seorang pantas atau mungkin tidak untuk kita terima jadi pendamping rumah tangga, tentu saja Bunda harus tahu bagaimanakah cara pilih pendamping rumah tangga yang bagus agar terbebas dari beberapa hal yang tidak diharapkan yah Bunda.

Belakangan ini ada banyak peristiwa di mana pembantu rumah tangga lakukan hal kriminil ke anak majikannya. Seperti peristiwa di Serpong, Tangerang, di mana terdapat seorang pendamping rumah tangga atau ART menambahkan susu dengan obat alergi semacam cetirizine yang selanjutnya diberikan ke anak majikannya yang bayi, dengan jumlah yang lumayan tinggi.

obat cetirizine umumnya dimakan oleh anak umur dua tahun ke atas. Bila anak di bawah usia mengkonsumsinya, betul-betul harus dengan instruksi dokter karena obat itu mempunyai deretan efek seperti diare, muntah, ngantuk, resah, berasa capek dan lain-lain. Bahkan juga dapat memunculkan dampak serius sampai kesusahan bernapas dan menelan. Wah, menakutkan sekali yah

Ada juga belakangan ini kejadian penindasan yang sudah dilakukan ART ke anak asuhannya di teritori Jelambar, Jakarta Barat. Pelaku itu mengikat ke-2 tangan korban, bahkan juga tutup paksakan muka si anak dengan wallpaper. Tentu saja kekerasan ini sebagai hal yang tidak mau kita rasakan yah Bunda.

Nach, agar terbebas dari hal itu, harus tahu nih bagaimanakah cara pilih pendamping rumah tangga yang bagus.

  1. Dapat Dipercaya

Hal yang paling penting saat menentukan pendamping rumah tangga ialah jika sang calon ART itu harus bisa dipercayai. Pasti Bunda akan merasakan aman bila mengaryakan orang yang bisa dipercayai untuk mengurusi tugas rumah tangga, seperti mengolah, membersihkan, sapu dan memerhatikan sang kecil sudahkah makan atau memang belum? Nach, untuk memperoleh pembantu yang dapat di yakin, Bunda harus juga menelusurinya melalui sumber yang betul nih, misalkan salah satunya bagian keluarga, rekan maupun famili.

Tetapi, bila Bunda ingin cari pendamping rumah tangga atau ART melalui yayasan, karena itu cari yayasan yang bagus di mana mereka memiliki catatan rekomendasi dan sudah memperlengkapi beberapa calon ART dengan ketrampilan dan ketrampilan dalam mengurusi perkerjaan rumah tangga . Maka Bunda harus betul-betul selective saat menentukan yayasan penyalur tenaga kerja karena sering ada yayasan yang nakal di mana mereka cuma cari keuntungan saja. Seharusnya sich, Bunda memang seharusnya cari ART melalui referensi dari keluarga atau rekan saja.

  1. Lakukan Interview Di Awal

Seperti akseptasi karyawan secara umum, interviu atau bertatap muka dan bertanya dengan sang calon ART penting juga. Bunda pasti akan mengetahui bagaimana watak sang calon pendamping rumah tangga itu dan janganlah sampai Bunda mengaryakan orang tanpa tahu watak dan latar belakangnya. Ditambah lagi saat Bunda dan suami ialah pasangan muda yang sedang belajar pada membangun rumah tangga yang bagus.

  1. Mencari Tahu Pengalaman Kerjanya

Bunda jangan sembarangan saat menentukan pendamping rumah tangga. Sempatkan diri untuk cari info apa pengalaman kerjanya sudah bagus dan pantas untuk Bunda pikirkan jadi pembantu di dalam rumah? Janganlah sampai saat Bunda telah mengeluarkan bujet mahal-mahal, tapi kerjanya justru tidak rapi dan tidak dapat menolong Bunda. Jika sudah ini tentu pusing sendiri yah.

  1. Kerjakan Role Play

Coba Bunda meminta agar sang calon pendamping rumah tangga itu berhubungan dengan anak Bunda. Lihat bagaimana triknya berbicara dengan anak termasuk bicara dan sikapnya. janganlah lupa Bunda lihat bagaimana sikap sang kecil saat dibawa berhubungan dengan sang calon pendamping rumah tangga itu, apa dia berasa suka atau malah justru kelihatan tidak sukai?

  1. Perhatikan Bahasa Badan

Saat menentukan pendamping rumah tangga, Bunda bisa sampaikan beberapa pertanyaan agar lebih memberikan keyakinan. Nach, saat pengajuan pertanyaan itu, perhatikan tiap bahasa badannya saat bicara atau jawab pertanyaan Bunda. Entahlah itu contact mata, menjawab secara cepat atau ragu, pergerakan tangan dan mulutnya.

  1. Perhatikan Langkah Bicara Dan Isi Perbincangannya

Upayakan janganlah lekas yakin saat calon pendamping rumah tangga menjelaskan suatu hal.sebuah hal. Misalkan saat dia menjelaskan jika dianya menyenangi anak-anak walau sebenarnya saat disuruh berhubungan dengan sang kecil raut mukanya kelihatan ogah-ogahan. Lihat perbincangan pendamping rumah tangga agar Bunda berasa percaya, apa yang dia ucapkan memang betul demikian realitasnya.

Nach, selainnya banyak hal di atas, ketika menentukan pendamping rumah tangga Bunda harus juga pikir berapakah bujet yang perlu Bunda mengeluarkan dan yakinkan sesuai tugas yah . Maka Bunda harus cari info terlebih dulu nih, dapat dengan bertanya ke rekan atau tetangga. Janganlah sampai karena tidak paham, upahnya jadi tidak sesuai dengan dan membuat sang pendamping rumah tangga tidak kerasan. Seterusnya harus juga pikir jam kerja nih Bunda, agar sang pendamping rumah tangga dapat on time dan mengetahui kapan dia harus bekerja dan kapan saatnya istirahat.

Artikel yang Direkomendasikan